Jumat, 29 April 2016

Pengalaman Tidur di Bandara (Airport)

(Foto credit: google image)
Tidur dibandara?
Ha? koq bisa?
Kere ya? ga punya duit nyewa kamar hotel ya? iya~ gw emang traveler kere huhu
syedih~

Mungkin itulah segelintir reaksi orang-orang disekitar gw ketika ada yang nanya pengalaman yang berkesan setiap ngtrip. Kenapa berkesan? ya karena gw ngerasa tidur ditempat umum dan daerah terbuka gitu perlu tantangan keberanian tersendiri bro/sis jadilah pengalaman berkesan buat gw.

Selama ini sih baru ada 4 bandara yang pernah gw jadiin 'penginapan' ialah Terminal 3 Soekarno Hatta International Airport, Changi International Airport Singapore, KLIA2 Malaysia dan Macau International Airport. Mari kita bahas satu per satu.

Terminal 3 Soekarno Hatta International Airport (Soeta)
iya, iya tau gw, pasti pada bingung koq gw bisa terdampar numpang tidur di Soeta sementara gw tinggal di Jakarta. FYI aja yee, gw udah 2 kali loh tidur di T3 Soeta. Pertama, Dulu. dulu banget~ tahun 2013 pertama kali gw akan ngebolang ke LN (luar negeri), dikarenakan flight gw jam 6 pagi dan takut akan ketinggalan pesawat (yaa namanya newbie mau ke LN meski di Changi udah ada yang akan jemput) jadilah gw memutuskan nginep di T3 Soeta aja.

Tempat tiduran di Soeta T3 (selain Lounge) sih ga ada menurut gw ya tapi disediain kursi-kursi gitu (lantai 2 setelah naik eskalator dari lantai 1) ada TV-nya juga jadi bisa nonton sambil nunggu flight. Sebenarnya kalau mau kayanya bisa deh di Mushollah tapi gw ga yakin gitu jadinya gw duduk aja sambil main gadget di kursi yang disedia-in.

Makin malam main sepi yaiyalah dengan mata 5 watt akhirnya gw nyambung-nyambungin kursi untuk tiduran sambil tas gw tetap di taruh diatas dekat kepala. Waspada kalau tetiba ketiduran dan ada yang iseng-in yee kan. Malam itu gw tidurnya ga kebo-kebo amat koq, sesekali bangun terus merem, bangun lagi, merem lagi gitu terus sampe jam 5 subuh tiba akhirnya gw bisa bergegas Sholat, Check-in dan memulai perjalanan pertama kali gw yang berkesan ke LN kala itu.

Pengalaman kedua tidur di Soeta masih di T3 yaitu Maret akhir tahun 2014 ketika gw akan ngebolang dalam rangka trip SG-KL-Vietnam-KL. Sama dengan perngalaman pertama, kali ini flight gw juga pagi-pagi dan tempatnya pun juga masih di kursi-kursi itu tapi~~~ kali ini gw sedikit lebih pintar dengan mencari-cari spot tempat rebahan yang pewe.

Setelah mengamati sampai sekitar jam 1 malam, gw menuju sebuah ruangan di depan kursi-kursi tadi. Penasaran itu ruangan apaan, setelah gw dekatin ternyata ruangan buat ibu-ibu dan bayi (nursery room). Masuklah gw keruangan itu dannn di dalam ada sofa empuk, panjang bisa buat tiduran. Sambil ngintip-ngintip dari balik pintu nursery room mengawasi situasi kali-kali ada patroli satpam. Ternyata aman, gw langsung aja mengatur posisi dan tiduran. penyalagunaan fasilitas yang tidak patut di contoh kakak

Asli nyaman abis tidur di nursery room ini mana ada dispenser air panas pulak di dalamnya. Sesuatu~ tapi pas udah mulai merem, tiba-tiba pintunya kebuka dan gw kaget dong~ kirain bakalan diusir ternyata yang masuk mbak-mbak cleaning service bandara yang nyimpan barang-barangnya di ruangan itu. Mungkin karena ngeliat gw kaget, si mbaknya lalu mempersilahkan gw tiduran lagi. Katanya "tiduk aja mbak, saya mau ngambil barang saya aja koq." dan sesuai perintah, gw pun tidur lagi nyenyak bak kebo sampai pagi. Terima kasih nursery room dan maaf ya dedek dedek bayi ruangannya aunty pake tiduran semalam. *cium satu per satu*

Changi Internationl Airport Singapore
Bandara negeri tetangga, Singapura ini juga sudah 2 kali gw jadikan tempat "penginapan". Pertama, tahun 2013 pertama kalinya gw ke LN perginya nginep di Soeta ehh pulangnya juga nginep (di changi). hemat bo~ hostel di Singapura mahal-mahal eui curgat waktu itu gw tiduran di kursi-kursi area umum lantai satu selantai dengan counter check-in Air Asia terminal 1 Changi. Jangan ditanya rasanya gimana, punggung sakit cyin~

Kedua, sekitar bulan November 2014. Waktu itu gw ada kerjaan sampingan ngeliput Festival musik di Singapura. Awalnya udah mesan hotel tapi pas nyampe Changi Terminal 3 koq rame bener sama fans K-Pop, ternyata secara bersamaan hari itu girl band asal Korsel, Girls Day juga akan tiba di Singapura. Waa, tidak mau melewatkan kesempatan, gw (bersama 2 teman) tungguin lah tuh cewek-cewek bergabung dengan fans yang udah nunggu dari sore di Changi. Saat itu udah malam jam 10-an malam. Nunggu, nunggu dan nunggu akhirnya yang ditunggu keluar dari bagian Imigrasi dan Changi chaos seketika. Fans termasuk gw lari-larian ngejar Girls Day sambil difotoin astaga gw ngapain coba ikutan. Setelah drama lari-larian selesai, gw ga nyangkah ternyata udah jam 12 malam which is MRT ke kota (Chinatown, tempat hostel yang sudah dipesan) udah ga beroperasi. Mampus dah.

Apa lagi yang akan dilakukan kalau ga terpaksa nginep dibandara. Ada pilihan lain sih dengan naik taxi ke hostel tapi~~ mahal cui mending duitnya buat main di USS. Malam itu untung pihak hostelnya baik (karena kerjasama dengan festival musik itu juga kali ya) dibolehin check-in besok pagi aja ga usah bayar yang malam itu.

Kali ini gw tidur dimana? Cari cari dan cari akhirnya diputuskan ke terminal 1 ke lantai 2 (selantai dengan KFC) ternyata banyak yang nginep disitu juga dan kita pun (gw bareng 2 teman) nyari lapak tidur disitu. Ehh nemu semacam playground buat anak-anak ada karpet dan empuk buat tiduran. Yaudah tiduran lah disitu tapii sekitar jam 2 tengah malam lewatlah polisi patroli Changi lengkap dengan senjatanya dan ga nge-bolehin kita tidur di playground itu. hiks~

Pindahlah kita ke kursi-kursi panjang yang juga ada sekitaran area itu, lalu karena patrolinya udah pada pergi, balik lagi kita ke playground tadi dan tidur tidur ayam. Subuhnya nemu ada Nursery Room disitu juga ternyata, ada colokan bisa ngecash gadget + sofa kecilnya. Lumayanlah sambil menunggu MRT beroperasi.

KLIA2 Kuala Lumpur, Malaysia
Di bandara negera serumpun ini gw juga udah 2 kali nginep. Pertama, Mei 2014 dulu (tapi LCCT sih belum ada KLIA2) karena flight gw ke Seoul, Korea Selatan yang harusnya berangkat jam 1 malam malam delay sampai jam 5 pagi jadilah 4 jam gw (bareng 2 teman) luntang-lantung di LCCT yang untungnya dapat selimut, neck pillow dan sandwich gratis dari pihak Air Asia.

Kedua kalinya nginep di bandara Malaysia ialah Desember 2105 lalu saat akan Macau-HK trip karena memang cuma transit. Tiba di KLIA2 sekitar jam 12 malam, besoknya jam 2 siang sudah harus terbang ke Macau lagi jadi demi penghematan malas kemana-mana akhirnya malam itu sampai jam 2 siang besoknya dihabiskan luntang-lantung di KLIA2.

Untuk masalah per-nginap-nginap-an menurut pengalaman gw yang cetek ini, KLIA2 sejauh ini juaranya. Kenapa? karena di KLIA2 disediain tempat diarea umum (bukan didalam setelah checkin ya, kaya di changi) khusus untuk yang ingin tiduran seperti yang gw lakukan ini. Lokasinya sebelah kanan-kiri sebelum sampai ketempat counter penjualan tiket bus ke kota. Sebenarnya banyak sih yang bisa digunakan untuk tiduran di KLIA2. Misalnya di depan kantor Air Asia, nongkrong di KFC, Mushollah dan sebagainya. Lantainya pun berkarpet jadi ga dingin ketika kita rebahan disitu.

Hal lain yang gw sukai dari KLIA2 dalam hal ini adalah, kamar mandi gratis di departure hall (area umum) belakang counter check-in barengan sama toilet dan ada Mushollah. Ga perlu cari tempat bersih pojok-pojokan untuk shalat. Jadi bagi yang kasusnya kaya gw (cuma transit semalam) maupun yang iseng, bisa tetap mandi dulu sebelum melanjutkan penerbangan/perjalanan lagi. Alhamdulillah ya sesuatu~

Macau International Airport
Waaa kalau bandara ini mah nightmare sih bagi gw soal nginep-menginapnya. Baru sekali ngerasain nginep disini dan seperti kapok karena dingin sekali kakak~~ bandaranya pun kecil dan ga beroperasi 24 jam. Ya mungkin karena yang ke Macau pun banyakan via Hong Kong dan lagipula orang-orang datang ke Macau kebanyakan "bersenang-senang" (judi) mana ada juga yang nginep dibanara. Adapun hanya segelintir termasuk gw tentunya.

Berhubung bandaranya kecil, sepi dan dingin banget kalau malam, saran gw bawalah sleeping bag kalau memang mau menghemat penginapan (secara hotel di macau mehong boo') dengan tidur dibandara Macau/Makau ini. Waktu itu gw bareng teman-teman tidak ada persiapan nginap sama sekali karena yaa ga terbayang bandaranya akan sedingin itu jadilah semalaman kita kedinginan sampe masuk angin. tenggak tolak angin setelahnya

---------


(Foto credit: google image)
Yup, yup, yup itulah segelintir pengalaman cetek gw nginep/tidur dibandara. Aslinya sih gw fine fine aja tidur dimana saja kalau lagi ngetrip, asalkan gw ga sendiri a.k.a ada temannya lah hehe. Kalau ada yang bilang ngapain mesti nginep dibandara menyusahkan diri namanya juga liburan, leye-leye.. uhmm kayanya gw bukan tipe seperti itu. Kalau memang tidur dibandara bisa menghemat biaya trip ya~ kenapa tidak, kenapa mesti gengsi. Nikmati aja lagi~ lumayan kan biaya hotel semalam nanggung gitu bisa untuk jajan-jajan lucu. lahh otak di perut mulu gw mahh


xoxo
-heera-

10 komentar:

  1. Itu nginep d macau kapan mba???
    Saya hari ini mau nginep d bandara macau tp petugas banyak bgt yang berkeliaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai~
      aku nginep di bandara macau awal desember 2015 kemarin.
      Emang banyak sih petugas yang keliaran tapi gpp koq.. ga ditegur. cari pojok2an aja dilantai 2 (selantai sama MCD) banyak pojok2an soalnya MCD nya ga buka 24jam.

      Hapus
    2. Baiklah kalau begitu.
      Terima kasih banyak mba atas fast respon'y. Khawatir d usir aja sich, soal'y gak ada tempat tujuan di sini dan baru besok mau k hongkong yang udh sewa penginapan. Di macau penginapan gila bener harga'y.

      Hapus
    3. iyaa sama-sama..
      Santai aja..berlagak pura2 ga tau klo ada petugasnya.. makin malam ntr makin sepi dan makin dingin dan akan banyak orang tidur dipojok2 dengan sleeping bag-nya (terutama di pojokan sebelah lift lantai dua kanannya MCD. Bahkan aku dulu sholat disitu diliatin aja sama petugasnya yang lewat ga ditegur mereka cuma ngobrol sesama petugas mungkin heran kita lagi ngapain hehe

      penginapan emang mahal2 mbak. hikss
      Aku dulu ber5 cuma mampu sewa 1 kamar hotel diisi rame2 saking pengennya nginep di macau...

      Hapus
  2. Dari td was wad ngeliatin org udh ada yg tdr atau blm.
    Soal'y kalo udh ada yg mencontohkan kan saya bisa ikutan.
    Wahh enak kalo rame2 mah, aplg kalo sewa hotel kan bisa pete pete. kalo sndrian kan bingung ini.
    Eh btw knp saya d panggil mba???
    Saya kan cowo...
    Owh iya ini jg mau sholat bingung euy dmn.

    BalasHapus
  3. Aduhh maaf maaf ga merhatiin gravatarnya hehe
    Sholatnya di pojok2an yg sepi aja mas pake kompas nyari arah kiblat.

    Tadi emang ga jalan2 ke daerah venetian mas? Dekat dan Lumayan naik shuttle gratis ntr balik ke airport utk tidur ngambil bus paling malam klo ga salah jam 11 malam shuttle the venetian trakhir ke airport.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah iya bener mba gak d usir ini d bandara macau. Petugas cuma bolak balik aja sich. Tp kursi gak nyaman bener dahh asli.
    Oh iya mba emanx shuttle bus gratis itu naik dari mana yakh???
    Kalo bawa koper repot gak sich mba jalan2 gtu.
    Lg galau ini mau langsung k hk atau jalan2 d macau dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluar dari bandara belok kanan jalan lurus dipinggir2 jalan nanti ga jauh dri situ sebalh kanan ada kaya tmpat parkir banyak bus2 shuttle hotel2 gede di macau. Naik aja salah satunya gratis koq. Mau ke area venetian naik bus biru dongker yg ada tulisan the venetiannya nanti di venetian bisa liat2 tmpat judi sama main2 di mallnya yg atapnya kaga langit gitu.

      Dulu sih saya nitipin koper dibandara. Bayar per jam lupa harganya berapa. Letaknya dilantai 1 dekat eskalator kanan airport. Macau tuh bagus2 krn hotel2nya pada niat manjain pengunjungnya apalagi klo malam2 lampu2nya pada nyala..bisa main ke senado square juga naik shuttle gtand lisboa.

      Hapus
  5. Owh gtu yakh mba.
    Baiklah akan saya coba.
    Terima kasih banyak yakh mba atas informasi'y.

    BalasHapus